Sabtu, 22 Januari 2022

Safety First, Have Fun They

- Iklan -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berita Terkait

spot_img
spot_img
- Iklan -spot_img

Cover 01 4 scaledbatampos – ROAD trip bareng keluarga, bestie, atau orang terkasih memang menyenangkan. Eitss, kamu perlu berhati-hati kalau memilih berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun terasa nyaman dan fleksibel, itu bakal sangat melelahkan. Nah, agar tetap aman saat berkendara, yuk simak tips berikut! (elv/c12/lai)

point web 05 2

point web 06 2Kondisi tubuh kamu penting banget, lho! Kalau kamu sedang nggak sehat, perjalanan akan terasa nggak nyaman. Sebelum road trip, ada baiknya konsumsi makanan sehat, air putih, dan vitamin C agar badan lebih fit. Pastikan juga tidur yang cukup, ya. Kalau di tengah perjalanan kamu merasa nggak enak badan, menepilah terlebih dahulu untuk beristirahat. Safety first!

point web 08 2Pastikan untuk selalu cek kendaraan sebelum bepergian. Biar nggak lupa, kamu bisa menerapkan metode BALOK (body, air, listrik, oli, karet, dan kertas). Mulailah mengelilingi kendaraan untuk mengecek apakah ada bagian yang terlepas. Lalu, cek komponen yang berhubungan dengan air seperti air radiator, wiper, dan aki. Pada bagian listrik, cek soket, sekring, dan penyambung kepala aki. Pastikan juga oli mampu melumasi secara maksimal. Terakhir, cek kelengkapan ban, karet wiper, serta surat penting seperti SIM dan STNK.

point web 10 2Sebelum menyetir, atur posisi mengemudi yang membuat kamu nyaman. Jangan lupa gunakan sabuk pengaman! Agar dapat terus terjaga, kamu bisa menyiapkan playlist lagu atau mengobrol santai bersama teman. Untuk pengendara motor, helm adalah hal wajib yang harus dikenakan. Mau itu model full face atau half face, yang terpenting berlabel SNI. Oh, ya! Menyimpan nomor darurat seperti 110 dan 113 akan membantu kamu ketika berada di situasi darurat.

point web 09 3Jika kamu merasa lelah, lebih baik kamu berhenti terlebih dahulu di rest area untuk beristirahat. Jika pergi ke tempat baru, kamu bisa cari tahu letak rest area sebelum melakukan perjalanan. Hal itu juga berlaku jika kamu ingin menggunakan ponsel, menepi terlebih dahulu, baru menggunakan ponsel, biar konsen­trasimu nggak terganggu.

point web 11 1Memasuki musim hujan, pengendara harus lebih berhati-hati. Selalu siapkan perlengkapan yang diperlukan seperti jas hujan dan sepatu antiair. Pemilihan modelnya pun berpengaruh, pilihlah jas hujan yang two piece biar nggak mengganggu gerak tubuhmu. Kalau visor helm biasanya mengembun, kamu bisa buka sedikit visornya atau menggunakan antifog. Jangan mengebut, ya! Sebab, jalanan akan licin kena air hujan.

point web 07 2

point web 02 2

 

“Berkendara Menyenangkan”

Reporter : Siti Nuranisah
Editor : Agnes Dhamayanti

Jika hari libur telah tiba, siapa nih yang hobi jalan-jalan dengan keluarga/kerabat terdekat? Yaps! Hari libur adalah hari yang ditunggu-tunggu untuk bisa merefreshing pikiran. Untuk berkendara agar tetap aman dan menyenangkan, kita harus tetap memperhatikan kese­lamatan loh. Yuk simak tips berkendara menyenangkan dari teman Zets! (*)

point web 03 2Yosua Albert
Universitas Darma Persada Jakarta
@yosuaalbert98

Salah satu tipsnya adalah memeriksa kondisi kendaraan. Jika kendaraan dalam posisi yang baik dan terjaga maka setiap komponennya akan bekerja dan berfungsi secara maksimal. Lalu kita juga tidak perlu khawatir jika kendaraan mengalami kerusakan saat berada dalam perjalanan. Dan saat itulah kita bisa mengemudi dengan bahagia dan penuh ketenangan. (*)

point web 04 2Martino Yohanes Walanda
SMK Permata Harapan 2 Batam
@martinoyohanes

Caranya adalah mengemudi dengan tertib. Pastikan selalu berperilaku tertib di jalan raya dengan berhenti di traffic light pada garis batas. Dan yang terpenting memperhatikan kendaraan dari lawan arah agar terhindar dari kecelakaan. Dengan itulah kita bisa berkendara lebih nyaman. Selain berkendara dengan baik, pastikan tidak lupa membawa barang yang dibutuhkan saat liburan. Itu juga salah satu hal yang bisa membangkitkan semangat saat liburan. (*)

spot_img

Update