Jumat, 19 April 2024
spot_img

Over Kapasitas, Rutan Batam Komit Untuk Tingkatkan Pelayanan

Berita Terkait

spot_img
Yan Patmos Dalil Harahap 5
Karutan Batam Yan Patmos.

batampos – Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II A Batam bertekad terus meningkat pelayanan kepada masyarakat dan warga binaan di dalamnya. Rutan yang dipimpin oleh Yan Patmos ini berkomitmen dengan predikat sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Ini disampaikan langsung oleh Yan Patmos saat menerima kunjungan Direktur Batam Pos Anthoni Joy F. Nahampun dan jajarannya, Rabu (6/7). Berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan telah dilakukan dengan baik termasuk peningkatan fasilitas pelayanan di lingkungan Rutan Batam.

Fasilitas terbaru adalah gedung sidang online bantuan Pemerintah Kota Batam. Gedung ini sudah siap dibangun dan nantinya akan dipergunakan sebagai lokasi sidang online bagi warga binaan.

“Terbaru gedung sidang online bantuan Pemko Batam. Itu sudah siap dan akan segera diresmikan. Kita terus komit untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Yan.

Sebelumnya Rutan Batam juga telah menerima bantuan mobil ambulance dari Pemerintah Provinsi Kepri dan mobil operasional Transpas dari Dirjen Pemasyarakatan, Kemenkuham. Selain peningkatan fasilitas, layanan juga terus ditingkatkan.

Pemberdayaan warga binaan dengan pelatihan keterampilan seperti bertani, tukang meubel ataupun memasak sudah menjadi program kerja pelayanan Rutan Batam. Terbaru Rutan Batam juga sudah kembali menerima kunjungan atau besuk tatap muka. Sebelumnya kunjungan tatap muka ditiadakan demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kunjungan tatap muka sudah kembali dibuka. Kunjungan kelompok untuk kegiatan sosial, pelayanan dan sejenisnya juga sudah diperbolehkan. Intinya kita semakin memaksimalkan pelayanan di sini menuju lembaga yang WBP dan WBBM,” kata Yan.

Kepada tim Batam Pos, Yan juga menceritakan jika warga binaan di Rutan Batam saat ini berjumlah 1.007 orang. Jumlah ini dua kali lipat dari dayat tampung rutan yang normal sekitar 400-an orang. Meskipun demikian situasi di dalam Rutan aman terkendali sebab pihaknya mengedepankan pendekatan yang lebih manusiawi untuk tetap memberi rasa aman dan nyaman bagi warga binaan di dalamnya.

Direktur Batam Pos Anthoni Joy F. Nahampun yang didampingi Pimpinan Redaksi Batam Pos M. Iqbal cukup kagum dengan kesiapan petugas dan fasilitas yang ada di dalam lingkungan Rutan. Mereka pun berharap agar Rutan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan mengedepankan transparansi informasi melalui publikasi di media massa.

“Batam Pos siap mendukung kegiatan yang dibutuhkan oleh Rutan Batam,” ujar Anthoni.

Sebagai komitmennya, Batam Pos juga akan menyerahkan hewan kurban ke Rutan Batam di hari raya Idul Adha nanti. (*)

 

Reporter : Eusebius Sara

spot_img

Update