Minggu, 28 April 2024
spot_img

Utusan Minta  Pemerintah Kota Batam Harus Kerja Ekstra untuk Tangani Banjir

Berita Terkait

spot_img
Banjir tiban
Salah satu ruas jalan di kawasan Tiban, Kota Batam yang terendam banjir. Foto: Rifki Setiawan/Batam Pos

batampos- Anggota Komisi I DPRD Kota Batam Utusan Sarumaha meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk bekerja lebih ekstra dalam penanganan banjir di Kota Batam dalam beberapa hari belakangan ini. Ia meminta masalah ini harus segera diselesaikan agar kejadian serupa tidak terulang dikemudian hari.

BACA JUGA: Ini Titik Banjir yang terjadi di Kota Batam Saat Malam Tahun Baru

“Saya kira memang penyelesaian masalah banjir ini memang harus menjadi fokus kita ke depan. Melalui politik anggaran juga harus lebih maksimal,” katanya.

Pemko Batam katanya, bisa lebih fokus dalam pembangunan drainase yang dirasa sudah tidak dapat menampung debit air ketika hujan turun maupun normalisasi terhadap salutan yang sudah tersumbat. Pemko Batam juga harus mempersiapkan perencanaan yang baik dalam upaya pencegahan banjir.

“Kita tentunya akan mendukung penuh, kalau ada penganggaran terkait dengan persoalan banjir,” tegasnya.

Mengenai anggaran untuk penanganan banjir, ia menyebutkan jika dalam APBD Kota Batam tahun 2022 tidak disebutkan secara spesifik. Namun untuk penanganan banjir tersebut bisa terlihat dari program kegiatan yang diajukan oleh Pemko Batam kepada DPRD Kota Batam.

“Misalnya pembangunan drainase dan itu sifatnya adalah penanganan banjir,” katanya.

Ia menilai, sejauh jni upaya penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemko Batam belum maksimal. Sehingga ia mendorong Pemko Batam untuk terus meningkatkan upaya penanganan banjir ini.  ”Misalnya di beberapa jalan protokol itu sedikit saja hujan banjir dan flyover,” katanya.

Untuk itu, ia meminta kedepannya Pemko Batam harus bisa lebih fokus untuk melihat titik banjir yang harus segera ditangani. Selanjutnya diambil langkah yang segera juga agar tidak terulang kembali dikemudian hari.

“Jalan kita sudah bagus, tapi hujan sedikit saja sudah banjir. Saya tidak tau juga, apakah dari awal perencanaan yang tidak matang terkait dengan drainase ini. Tapi banjir ini sudah terjadi, tentu kita lakukan evaluasi dan agar banjir itu kedepan benar-benar bisa teratasi,” imbuhnya. (*)

Reporter : Eggi Idriansyah 

 

spot_img

Update