Selasa, 24 Mei 2022

Ribuan WNI dan WNA ke Singapura dan Malaysia Selama Libur Lebaran

Berita Terkait

spot_img
Pelabuhan Internasional Batamcenter 1 F Cecep Mulyana
Ilustrasi. Arus penumpang di Pelabuhan Feri Internasional Batam Center mulai terlihat ramai pasca dibukanya pintu perbatasaan Singapura dan Malaysia. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Ribuan Warga Negara Asing (WNA) maupun Warga Negara Indonesia (WNI) memanfaatkan momen libur lebaran untuk berlibur ke Singapura maupun Malaysia.

Kepala Bidang (Kabid) Teknologi dan Informasi Kanimsus Batam, Tessa Harumdila mengatakan, melalui data yang tercatat di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan Batamcenter, 12.407 WNI maupun WNA berangkat ke Singapura dan Malaysia.

Sementara untuk kedatangan dari kedua negara tersebut, sebanyak 10.627 orang. “Jumlah itu berdasarkan rekapitulasi kedatangan dan keberangkatan penumpang Singapura dan Malaysia di TPI Pelabuhan Batamcenter mulai dari tanggal 29 April sampai 6 Mei kemarin,” ujar Tessa.

Ia membeberkan, untuk puncak keberangkatan WNI ke Singapura dan Malaysia terjadi pada tanggal 1 Mei lalu, yang tercatat sebanyak 1.484 orang. Sementara keberangkatan WNA menuju Malaysia dan Singapura terjadi pada tanggal 3 Mei, yakni sebanyak 1.123 orang.

“Keberangkatan WNI pada tanggal 29 April sampai 4 Mei diatas 1.000 orang. Kemudian untuk tanggal 5 sampai 6 Mei itu mulai berkurang, dibawah 1.000 orang,” tuturnya.

Kemudian, keberangkatan WNA, kata dia, sebanyak 192 hingga 544 orang. Kecuali, pada tanggal 3 Mei yang melonjak menjadi 1.123 orang.

Sementara untuk kedatangan WNI dari Singapura dan Malaysia mulai tanggal 29 April hingga 4 Mei masih dibawah 1.000 orang. Untuk kedatangan WNI ini mulai melonjak mulai dari tanggal 5 Mei sebanyak 1.079 dan tanggal 6 Mei sebanyak 1.777 orang.

“Untuk arus penumpang dari tanggal 7 Mei dan 8 Mei belum terekapitulasi. Tapi prediksinya diatas 1.000 orang,” katanya.

Kemudian untuk kedatangan WNA paling banyak hanya terjadi pada tanggal 30 April, yakni sebanyak 1.391 orang. Selain tanggal itu, 29 April sebanyak 581 orang dan 1 Mei sebanyak 885 orang.

“Diluar itu untuk kedatangan WNA dibawah 300 orang per harinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, selama libur lebaran ini Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah menempatkan petugas sesuai dengan kebutuhan. Imigrasi Batam, juga telah mesiagakan sejumlah petugas apabila membutuhkan tambahan petugas.

“Namun selama ini tidak ada kendala apapun. Semua berjalan dengan lancar,” imbuhnya. (*)

 

Reporter : Eggi Idriansyah

spot_img
spot_img
spot_img

Update