Jumat, 29 Maret 2024
spot_img

Mau Berobat ke RS, Bisa Ambil Nomor Antrean Lewat Aplikasi Mobile JKN

Berita Terkait

spot_img
BPJS Kesehatan 6 scaled e1597308111862
Ilustrasi. Petugas BPJS Kesehatan melayani warga yang mengurus kepesertaan. Foto: Dokumentasi Batam Pos

batampos – BPJS Kesehatan meningkatkan kualitas layanan mereka dengan antrean online yang terkoneksi di aplikasi Mobile JKN. Layanan ini bisa untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau rumah sakit.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan yang berkunjung ke Batam memastikan implementasi layanan antrean online tersebut di dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit Awal Bros dan RS Budi Kemuliaan. Apalagi selama ini peserta BPJS Kesehatan seringkali mengeluhkan antrean di rumah sakit yang terlalu lama.

“Karena itu, melalui layanan ini dengan sentuhan digital kami berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan sehingga peserta mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan kepastian waktu layanan melalui antrean online di Aplikasi Mobile JKN,” kata Edwin.

Dikatakannya, melalui pendaftaran pelayanan melalui aplikasi Mobile JKN, peserta dapat mengambil antrean dari rumah dan datang mendekati jam layanan. Peserta akan lebih nyaman dalam memperoleh layanan kesehatan karena tak perlu berlama-lama di rumah sakit. Hal ini juga bermanfaat bagi faskes karena mengurangi penumpukan peserta di fasilitas kesehatan.

“Peserta sudah sakit, jika menunggu terlalu lama bisa semaki parah nanti penyakitnya. Lagi pula dengan antrean online yang menyebabkan berkurangnya penumpukan peserta tentunya dapat meminimalisir potensi penularan penyakit di fasilitas kesehatan,” terang Edwin.

Selain melakukan monitoring implementasi antrean online melalui aplikasi Mobile JKN, Direktur Teknologi Informasi juga berdiskusi dengan peserta yang sudah memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk mendaftar layanan di RS Awal Bros Batam.

Abdul Syukur adalah salah satu peserta BPJS Kesehatan yang didaftarkan oleh anaknya Leslita melalui aplikasi Mobile JKN. Leslita mengatakan bahwa dengan Mobile JKN pelayanan lebih cepat dan mudah.

“Kebetulan tadi kami datang jam 2 siang. Di aplikasi sudah ditampilkan nomor urutnya dan jam pelayanannya, jadi tidak perlu menunggu terlalu lama,” kata Leslita.

Leslita yang melakukan pendaftaran orangtuanya yang merupakan peserta dari segmen pensiunan juga mengatakan bahwa tampilan Mobile JKN semakin lama semakin baik.

“Tampilan Mobile JKN sekarang lebih berwarna-warni dengan berbagai fitur kemudahan layanan bagi peserta JKN. Kebetulan saya sering buka,” kata Leslita. (*)

 

 

Reporter : Yashinta

spot_img

Update